BAB 1 Interaksi Manusia dan Komputer
Latihan Soal-soal
1. Jelaskan definisi Human Computer Interaction ( Interaksi
Manusia dan Komputer )
jawab:
Komunikasi dua arah antara pengguna ( user ) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Komunikasi dua arah antara pengguna ( user ) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
2. Jelaskan perbedaan antara IMK dan User Interface!
jawab:
Interaksi manusia dan komputer adalah
ilmu yang mempelajari, merencanakan, dan merancang bagaimana komputer dan
manusian bekerja bersama jadi orang tersebut butuh dipuaskan dalam cara yang
efektif. Sedangkan User Interface adalah bagian dari komputer dan software yang
orang-orang dapat melihat, mendengar, menyentuh, berbicara, atau sebaliknya,
dapat mengerti atau mengarahkan.
3. Jelaskan definisi Ergonomi itu?
jawab:
Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari
mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang digunakan untuk merancang system
kerja sehingga system kerja tersebut dapat bekerja dengan baik.
4. Mengapa factor ergonomi dibutuhkan dalam interaksi manusia
dan computer?
jawab:
Karena dengan factor ergonomic system
dapat bekerja dengan lebih baik.
5. Sebutkan dan jelaskan bidang – bidang apa saja yang terlibat
dalam IMK?
jawab:
Teknik
elektronika ; ilmu computer
Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka
kerja untuk desain system manusia computer.
Psikologi
Psikologi
perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia,
persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model
proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam
metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia.
Sosiologi
Sosiologi
dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem
manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia)
dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer.
Ergonomi
Ergonomi
dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan
didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat
kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek
fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
Ilmu
Bahasa
Komunikasi
manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis
bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa
barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa
grafis.
Desain
grafis dan tipografi
Kemampuan
estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting
terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi
lebih fleksibel dan powerfull.
6. Apa saja yang terlibat dalam IMK?
jawab:
Interaksi disebut juga dengan proses
hubungan timbal balik antara manusia (aktif) dengan computer (pasif). IMK
adalah perihal, tata bentuk, penilaian dan implementasi system computer interaktif
untuk kegunaan manusia dengan kajian fenomena yang didalamnya / interaksi
antara pengguna dengan system. Komponen yang melibatkan model interaksi
diantara pengguna :
a. Pengguna
(manusia);
b. System
(mesin);
c. Interaksi.
7. Sebenarnya antarmuka apa yang diinginkan oleh user?
jawab:
Antarmuka yang diinginkan oleh user : Aplikasi
dan tampilan yang menarik, pencahayaan
yang nyaman dipandang. efektifitas, fleksibilitas, kemudahan dalam penggunaan
aplikasi, mudah dipelajari.
8. Jelaskan tentang strategi yang dibutuhkan untuk pengembangan
interaksi manusia dan computer?
jawab:
a. Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia
sebagai pengguna computer; b. Berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog;
c. penggunaan prototype yang berdasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama-sama antara calon pengguna dan perancang system;
d. Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil prototype yang telah dilakukan.
9. Sebutkan dan jelaskan tentang sejarah perkembangan manusia
dan computer?
jawab:
Sejarah interaksi manusia dan computer dimulai pada
tahun 50-an ketika computer pertama kali diperkenalkan secara komersial.
Computer yang diperkenalkan ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis.
Kemudian pada tahun 70-an mengalami perkembangan penggunaan teknologi ini
secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan,
pertahanan, perusahaaan, dsb).
Kemajuan
teknologi ini juga memperngaruhi rancangan siste, sehingga muncul isu teknik
antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interface
(MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin. Pada pertengahan tahun 80-an, para peneliti akademis
mengenalkan istilah Humaan Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia
dan computer.
10. Jelaskan
tentang hubungan manusia, komputer dan interaksi dalam IMK?
jawab:
Hubungan
antara manusia, computer dan interaksi dalam IMK sendiri yaitu komunikasi dua
arah yang antara pengguna (user) dengan system computer yang saling mendukung
untuk mencapai suatu tujuan bersama.
BAB 1 Interaksi Manusia dan Komputer
Latihan Soal-soal
1.
Kombinasi warna terbaik untuk latar belakang
warna merah adalah…
a. Biru,
hitam, hijau b. Kuning, putih, hitam c. Putih, biru, cyam d. Merah, kuning, biru
2. Echoic pada memori penyaring manusia digunakan untuk menerima rangsangan berupa…
a. Sentuhan b. Penglihatan
c. Suara d. Perasa
3. Kecepatan kinerja yang tinggi, tingkat kesalahan yang rendah dan kepuasan yang tinggi dapat dihasilkan jika :
a. Pemakai masih pemula sehingga tidak keberatan menunggu waktu yang lama
b. Selalu ada hiburan yang menarik perhatuan pada setiap layer
c. Ada umpan balik yang jelas tentang kemajuan kearah solusi
d. Pemakai sabar dan berlatar belakang budaya yang cenderung lambat
4. Sehubungan dengan motivasi bagi faktor-faktor manusia dalam perancangan, manakah dari pernyataan-pernyatan berikut yang harus diperhatikn oleh perusahaan yang mengembangkn pengendali lalu lintas udara :
a. Biaya perlu ditekan agar rendah, meski kehandalan sedikti dikorbankan
b. Waktu pelatihan yang lama tidak menjadi masalah asal kinerja pemakai cepat dan bebas kesalahan.
c. Perancangan system sulit, perancang harus membuat system transparan sehingga pemakai mudah terserap dalam bidang-bidang tugasnya.
d. Kecepatan kinerja penting tetapi kesalahan operator ditoleransi.5. Dari jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada tangan, pergelangan tangan, jari jemari dan lengan:
a. Pemasukan data b. Pekerjaan interaktif
c. Akuisisi data d. Pengolahan kata6. Dari jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada kognitif, persepsi yang tinggi serta beban otot yang rendah?
a. Pemasukan data b. Pekerjaan interaktif
c. Akuisisi data d. Pengolahan data
7. Dalam perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi expert frequent user?
a. Meningkatkan kepercayaan diri dengan memudahkan pemakai dengan melakukan task sederhana
b. Sering memberikan pertanyaan dan pesan-pesan berarti seperti “are you sure you want exit this program?”
c. Perlu melindungi pemakai dari kemungkinan kesalahan karena coba-coba menjelajah sendiri
d. Menyediakan shortcuts, singkatan-singkatan, makro agar tugas dapat diselesaikan dengan lebih cepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar